Karakteristik Siswa SD ( Sekolah Dasar )
Anak-anak pada usia 7-12 tahun telah berada pada masa kanak-kanak akhir. Pada usia ini anak telah berada dalam tahap berpikir operasional konkret, dimana konsep yang pada awal masa kanak-kanak merupakan konsep yang samar-samar dan tidak jelas sekarang lebih konkret Piaget (Izzaty, 2013: 104). Selanjutnya, Izzaty (2013: 103) mengungkapkan bahwa masa kanak-kanak akhir sering disebut sebagai masa usia sekolah dasar. Masa ini dialami anak pada usia 6 tahun sampai 11-13 tahun.
Pada awal masuk sekolah sebagian anak mengalami gangguan keseimbangan dalam penyesuaian diri, sehingga mengakibatkan perubahan dalam sikap, nilai, dan perilaku (Izzaty, 2013: 103).
Masa operasional konkret anak berpikir atas dasar pengalaman konkret atau nyata, mereka belum dapat berpikir abstrak. Sehingga dalam pembelajarannya guru harus merancang agar memungkinkan anak didik dapat melihat (seeing), melakukan (doing), melibatkan diri dalam proses belajar (underdoing), serta mengalami secara langsung hal yang dipelajari (experiencing) (Sulistyorini, 2007: 6).
Selanjutnya Sulistyorini (2007: 7) menjelaskan sifat-sifat khas pada anak usia sekolah dasar sebagai berikut.
- Sangat ingin tahu tentang segala sesuatu yang ada dalam dunia realitas disekitarnya.
- Tidak lagi selalu bergantung pada orang yang lebih tua.
- Suka melakukan kegiatan yang berguna bagi lingkungannya.
- Telah dapat melakukan kompetisi dengan sehat.
- Mulai muncul kesadaran terhadap diri sendiri dan orang lain.
Baca juga :
Selanjutnya Asy’ari (2006:38) menyatakan pendapat yang hampir sama, bahwa pada usia 6-12 tahun umumnya anak memiliki sifat:
Selanjutnya Asy’ari (2006:38) menyatakan pendapat yang hampir sama, bahwa pada usia 6-12 tahun umumnya anak memiliki sifat:
- Memiliki rasa ingin tahu yang kuat.
- Senang bermain atau suasanya yang menggembirakan.
- Mengatur dirinya sendiri, mengeksplorasi situasi sehingga suka mencoba-coba sesuatu hal yang baru.
- Memiliki dorongan kuat untuk berprestasi, umumnya tidak suka jika mengalami kegagalan.
- Akan belajar efektif bila ia merasa senang dengan situasi yang ada.
- Belajar dengan cara bekerja dan suka mengajarkan apa yang ia bisa kepada temannya.
Setelah kalian mempelajari karakteristik siswa SD ini, kalian pasti paham jika dalam pembelajaran diperlukannya alat/media yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu media yang sering saya gunakan adalah media ular tangga dan kartu bintang, untuk artikel lengkapnya dapat kalian dapatkan di sini.
Daftar Pustaka:
Asy’ari,
M. (2006). Penerapan Pendekatan Sains
Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta:
Universitas Sanata Dharma.
Izzaty,
R.E., dkk. (2013). Perkembangan Peserta
Didik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Sulistyorini,
S. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah
Dasar dan Penerapnnya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Samatowa,
U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di
Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Penulis : Kelas Bintang
Penulis : Kelas Bintang
Berilah komentar yang membangun di bawah :-)
0 Response to "Karakteristik Siswa SD ( Sekolah Dasar )"
Post a Comment